Senin, 21 Januari 2013

Contoh proposal Kerja Praktek




PERNYATAAN HASIL EVALUASI
NAMA            : Riki
RIKI               : 8020100160
PRODI            : TEKNIK INFORMATIKA
JUDUL           : “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG PADA CV. MITRA FURNITURE KUALA TUNGKAL“ dengan mengunakan  pemrograman VB.net (visual basic) dan  database MYSQl.
Hasil Evaluasi : Disetujui / Disetujui dengan perbaikan / Ditolak *)
  1. Catatan :
Alasan Penolakan Proposal Skripsi :
  Proyek Kerja Praktek tidak relevan dengan Program Studi
  Pernah ada topik sejenis
  Metode utama telah banyak dipakai
  Metode yang dipakai tidak jelas
  Masalah terlalu sempit
  ----------------------------
                                                                                    Mengetahui,

Ketua Program Studi





BAB  I
PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG MASALAH
Perkembangan dunia teknologi saat ini banyak mengakibatkan perubahan kehidupan manusia dalam menangani setiap permasalahan yang terjadi yang ada hubungannya dengan proses pembangunan secara menyeluruh, dan menuntut adanya kebutuhan data informasi yang makin lama makin berkembang pesat. Oleh karena itu, diperlukan suatu penanganan dan perhatian yang khusus.
Dengan adanya komputer akan memberikan kita kemudahan dalam mengerjakan suatu pekerjaan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Disinilah manfaat computer dalam membantu memecahkan masalah secara efektif dan efisien dalam menghasilkan informasi yang baik.

MITRA FURNITURE Kuala Tungkal bergerak dalam bidang produksi dan penjualan furniture berbahan utama dari kayu meranti yang memiliki berbagai jenis barang dengan jumlah yang banyak. MITRA FURNITURE Terletak di jalan siswa kuala tungkal. MITRA FURNITURE juga melayani pemesanan furniture sesuai dengan keinginan dan selera pelanggan. Adapun kegiatan penjualannya adalah dengan memasarkan secara langsung hasil produksi furniture di Toko-toko Meubel kota Jambi.
Dalam pengolahan datanya baik itu data barang, data pelanggan, data pemesanan dan data penjualan barang, MITRA FURNITURE Kuala Tungkal masih menggunakan cara yang manual yaitu dengan cara mencatat segala kegiatan pengolahan data tersebut pada buku agenda.


Dengan sistem pencatatan penjualan barang yang masih manual, dirasa masih banyak memiliki banyak kekurangan baik dalam hal pembukuannya,penghitungannya, dan kegiatan pencatatannya. Oleh sebab itu,dengan melakukan analisa terlebih dahulu serta perancangan sistem sebelumnya dilakukan dengan penelitian,kemudian akan dirancang sebuah sistem yang dapat digunakan dan dimanfaatkan dengan baik si pengguna. Di mulai dari konsep dasarnya, kemudian ada analisa dari sistem yang dibuat seperti apa, kemudian ada proses,ada input, output, serta pengembangan dari sistem yang telah dibuat tersebut. Sistem juga dapat digunakan sebagai media transaksi, perancanaan, pengambilan keputusan dari berbagai pengguna masing-masing sistem. Penelitian ini harapkan mampu menghasilkan hasil data dalam bentuk informasi yang telah terinci dengan baik. Untuk merancang sebuah program yang baik pula dibutuhkan kegiatan proses penelitian dan observasi. Oleh karena itu,penulis tertarik untuk melakukan penelitian pada MITRA JAYA Furniture dengan judul “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG PADA CV. MITRA FURNITURE KUALA TUNGKAL” dengan mengunakan  pemrograman VB.net (visual basic) dan  database MYSQl .

1.2  RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang, masalah yang akan dibahas pada penelitian ini ialah:
a.       Bagaimana merancang sebuah sistem informasi penjulan sebagai media sistem penjualan yang baik  pada MITRA FURNITURE?
b.      Bagaimana merancang hasil informasi yang di hasilkan dalam bentuk laporan?
c.       Bagaimana merancang sistem yang bermanfaat bagi MITRA FURNITURE agar sistem penjualannya menjadi lebih baik dari sebelumnya?

1.3  BATASAN MASALAH
Untuk menghindari terjadinya pembahasan di luar dan judul kerja praktek, maka penulis menetapkan batasan masalah yang dibahas sebagai berikut:
1.      Pengembangan sistem pengolahan data yang dilakukan berupa pengembangan dari sistem yang telah ada menjadi sistem yang terkomputerisasi dan hanya berkisar tentang analisis dan perancangan sistem informasi penjualan pada MITRA FURNITURE Kuala Tungkal.
2.      Perancang system ini Menggunakan bahasa pemograman Vb.net (visual basic) 2008 dan database MySQL dalam merancang suatu sistem informasi penjualan barang pada MITRA FURNITURE Kuala Tungkal.

                                                               
1.4  TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN
1.4.1        Tujuan Penelitian
Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah :
1.      Sistem yang dibuat diharapkan dapat membantu pengerjan si pengguna menjadi lebih baik dari sebelumnya.
2.      Dengan dirancangnya sebuah program aplikasi penjualan pada C.V MITRA FURNITURE di Kuala Tungkal dan mengimplementasikanya dengan program visual Basic .NET
3.      Sistem yang akan dirancang diharpkan mampu menghasilkan suatu bentuk laporan yang akan digunakan untuk mengambil sebuah keputusan.
4.      Informasi yang di dapat pada sistem yang dihasilkan dapat menambah pengetahuan atau mengurangi ketidakpastian pemakai informasi.


1.4.2        Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang dapat di peroleh dalam penelitian ini adalah:
1.      Untuk merancang sebuah program yang dapat mempemudah proses penjualan barang secara efektif.
2.      Menghasilkan sebuah rancangan sistem sebagai media informasi dan transaksi penjualan barang.
3.      Meningkatkan kualitas pelayanan terhadap konsumen yang telah menjadi pelanggan maupun calon pembeli baru dalam hal untuk mencapai penjualan barang yang banyak serta pembayaran.




1.5  METODOLOGI PENELITIAN
Penelitian yakni studi yang di lakukan seseorang atau berkelompok melalui observasi serta tinjauan secara langsung dengan objek yang akan di teliti sehingga pemecahan masalah baik yang telah ada maupun masalah yang timbul dapat terpecahkan dengan tepat terhadap masalah tersebut. Adapun metodologi penelitian mencakup :
1.5.1    Bahan Penelitian
Bahan yang di gunakan untuk penelitian ini yakni dengan melakukan tinjauan observasi secara langsung dengan mengetahui kegitan penjualan yang ada pada usaha tersebut. Serta dengan pengembangan sistem  informasi dengan memahami proses bisnis yang berlaku  misalnya prosedur standar barang yang di jual seperti apa,karena kualitas dari barang juga dapat mempengaruhi proses penjualan pada usaha tersebut.

1.5.2        Alat Penelitian          
Alat penelitian yang di gunakan yakni Monitor 14 inci’, kemudian Harddisk 320GB, Processor 2.2 GHz, RAM  1 GB, Printer Canon Pixma mp258  dan beberapa perangkat keras lainnya. Kemudian jika perangkat lunaknya di gunakan Microsoft Windows XP, Vb.net, My SQL server, Browser Mozila Firefox Version 3.6, Microsoft Office 2007 dan perangkat lunak pendukung lainnya.

1.5.3 Metodologi Penelitian 
Untuk memberikan panduan atau acuan dalam menyusun penelitian ini, maka perlu adanya susunan kerangka kerja (frame work) yang  lebih rinci dan jelas dalam tahapan- tahapannya. Kerangka kerja ini merupakan langkah-langkah yang akan di lakukan dalam penyelesaian maasalah yang akan di bahas. adapun kerangka kerjanya sebagai berikut:



     
Studi Literatur
                                                                                                                                                                                                                  
Pengumpulan Data
Analisa Masalah
Pengembangan Sistem dan Perancangan
Pembuatan Laporan
Gambar 1.5  Kerangka Kerja Penelitian

1.      Studi Literatur
Pada tahap ini akan di lakukan pencarian landasan teori yang di peroleh dari berbagai buku dan juga internet untuk melengkapi pembendaharaan konsep dan teori.
2.      Pengumpulan Data
Pada tahap ini di lakukan pengumpulan data dengan cara melakukan observasi, wawancara dan analilis dokumen penjualan dari usaha MITRA FURNITURE. Wawancara di lakukan untuk mengetahui bagaimana tahap-tahap penjualan barang pada usaha MITRA FURNITURE. Sedangkan analisa data penjualan barang yang di lakukan setiap hari di lakukan untuk menyesuaikan antara barang yang terjual, serta input yang masuk ke MITRA FURNITURE yaitu dengan di lakukannya pemesanan barang sebelum Furniture di buat dan di hasilkan menjadi barang jadi.
3.      Analisa Masalah
Pada tahap ini di harapkan dapat di hasilkan analisa permasalahan yang ada, berupa kendala permasalahan yang terjadi dalam proses penjualan yang terjadi sebelumnya pada usaha tersebut. Sehingga penulis dapat mencari solusi dari permasalahan tersebut.      
4.      Pengembangan Sistem
Pada tahap ini di lakukan pengembangan sistem dengan menggunakan model waterfall (air terjun).
5.      Pembuatan Laporan
Pada tahap ini di lakukan pembuatan laporan yang di susun berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data primer atau data sekunder dan menggunakan metode penelitian yang relevan serta terarah pada pokok permasalahan yang ada.
6.      Jadwal Penelitian
Agar menghindari terjadinya ketidak teraturan dalam pencarian, observasi data dan pengerjaan tugas KP ini kami membuat jadwal kegiatan penelitian yang berisi gambaran kegiatan dan waktu yang di rencana kan dalam tahap-tahap penelitian. Pelaksanaan penelitian ini direncanakan selama 4 (empat) bulan, yaitu dari bulan Januari  2012 sampai dengan bulan April 2012 dengan jadwal sebagai berikut :

Kegiatan
Januari
   2012
Februari
2012
Maret
2012
April
2012
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
Studi Literatur
















Pengumpulan Data
















Analisis Masalah
















Pengembangan Sistem dan Perancangan
















Pembuatan Laporan

























1.6      DAFTAR PUSTAKA

1.        http://www.google.com
2.        http://www.bloger.org
http://Wikipedia.com

3 komentar:

Muhammad Luthfi mengatakan...

hmm ..
dh lama banget nih aku nyari contoh proposal kerja praktek ..

akhir_x ketemu juga ..

Thx gan !!

riki behla mengatakan...

sma_2 gan.
semoga bermanfaat ya gan.

kingkong mengatakan...

thanks ya infonya !!!

www.bisnistiket.co.id

Poskan Komentar